Komoditas Oknum Kejaksaan

Posted on March 6, 2008. Filed under: Hukum | Tags: , , , |

Sinar Harapan, Rabu, 05 Maret  2008

Redaksi Yth,

Jaksa Urip Tri Gunawan boleh berkelit, tapi dia tertangkap tangan menerima uang senilai Rp 6 miliar dari sesorang wanita berinisial AS. Penyuapan itu diduga terkait kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), karena diberitakan sebelumnya bahwa jaksa Urip Tri Gunawan adalah bagian dari tim jaksa yang menghentikan penyelidikan dua kasus BLBI.

Kejaksaan secara institusi mungkin tidak terlibat, tetapi perbuatan yang memalukan itu telah membuah Jaksa Agung Hendarman menangis. Dengan kalimat yang terbata-bata Hendarman mengaku sangat kecewa, sedih, marah, dan prihatin atas peristiwa itu. Namun, itu semua belumlah cukup.
Mungkin saja perbuatan Urip Tri Gunawan hanyalah satu dari sekian banyak kasus suap terhadap oknum kejaksaan di republik ini yang tidak terungkap ke publik. Maka janji Hendarman untuk segera melakukan pemeriksaan internal menjadi tidak bermakna. Yang lebih penting adalah bagaimana secara moral seluruh jajaran kejaksaan memandang kasus korupsi bukan sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi.

Lantas dengan cara yang lihai memanfaatkan celah-celah hukum yang ada untuk menggapai keuntungan itu. Sangat mungkin, tim jaksa pimpinan Urip Tri Gunawan telah menemukan indikasi adanya tindak pidana korupsi dalam kedua kasus tersebut, kemudian “menekan” obligor. Dan uang sebesar Rp 6 miliar itu adalah bagian dari tawar-menawar.
Jika dugaan itu benar, jaksa Urip Tri Gunawan bukan aktor tunggal. Tidak mungkin keputusan untuk menghentikan penyelidikan dilakukan sendiri oleh jaksa Urip Tri Gunawan,walaupun posisinya sebagai ketua tim. Kejaksaan Agung tidak perlu menutup-nutupi kasus ini. Semua anggota tim yang dibentuk kejaksaan dalam penyelidikan kedua kasus itu patut diduga ikut terlibat, kecuali mereka dapat membuktikan sebaliknya. Seret mereka semua ke pengadilan, termasuk obligor yang menyuap para jaksa itu. Uang yang digunakan untuk menyuap itu adalah uang rakyat juga.

Gerry Setiawan
Jl Kober Gang H Ismail
Condet, Jakarta Timur

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: